5 Ciri Tipes atau Gejala yang Harus Diwaspadai

1 min read

5 Ciri Tipes atau Gejala yang Harus Diwaspadai

Ciri tipes atau gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tipes memang hampir sama dengan penyakit tifus. Karena itu tak sedikit orang yang salah membedakannya. Padahal kedua penyakit tersebut adalah dua penyakit yang berbeda dan tentu saja membutuhkan penanganan yang berbeda. Penyakit tipes jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat bahkan bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih parah.

Gejala Atau Ciri Tipes dari Gejala Awal Hingga Lanjutan

Sebelum mengetahui apa saja ciri tipes, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu tipes dan apa yang menyebabkan penyakit ini. Tipes ini adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri Salmonella thyphi. Bakteri salmonella yang menyebabkan tipes ini menginfeksi melalui minuman atau makanan yang dikonsumsi oleh manusia.

Bakteri Salmonella thyphi ini hidup di tempat-tempat yang kotor. Ketika hinggap di makanan atau minuman yang akan dikonsumsi manusia, maka kemudian penyakit tipes pun tersebar. Meskipun begitu sebenarnya bakteri ini tidak bisa langsung menyebarkan penyakit tipes. Bakteri ini akan lebih mudah menyebabkan tipes terutama pada orang-orang dengan daya tahan tubuh lemah. Mengetahui ciri dari tipes atau gejalanya akan membantu Anda dalam mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Demam Tinggi

Ciri atau gejala yang ditimbulkan ketika terjangkit tipes yang paling awal adalah mengalami demam. Demam ini timbul karena proses peradangan dalam tubuh akibat kinerja sistem imun dalam melawan infeksi dari bakteri tersebut. Demam pada penderita tipes biasanya mencapai 39,5-40°C dan bisa berlangsung selama 3 hari dan mulai meninggi saat sore sampai malam hari.

  • Gangguan Pencernaan

Gejala atau ciri tipes selanjutnya adalah terjadinya gangguan pencernaan. Karena menginfeksi melalui makanan, maka gejala yang ditimbulkan juga tak bisa jauh dari sistem pencernaan. Mulai dari mual, rasa tak nyaman atau sakit di bagian perut, hilangnya nafsu makan hingga diare. Ketika sudah mengalami diare, penderita juga sering mengalami lemas karena cadangan elektrolit dan cadangan cairannya terbuang bersama feses.

  • Sakit Kepala yang Teramat Sangat

Gejala selanjutnya yang sering terlihat saat seseorang mengalami tipes adalah sakit kepala. Sakit kepala ini adalah gejala yang juga menyertai demam. Saat mengalami demam, tubuh menunjukkan tanda sedang mengalami kesulitan mengatur suhu pada tubuh. Saat itu kemudian memicu tubuh untuk melepaskan zat-zat kimia peradangan. Zat inilah yang menyebabkan timbulnya sakit kepala.

  • Sering Berkeringat

Sering berkeringat ini juga menjadi ciri tipes atau gejala yang sering dialami oleh penderita tipes. Berkeringat ini masih berkaitan dengan gejala demam sebelumnya. Ketika sedang demam dan suhu tubuh dalam kondisi tinggi, maka Anda pasti merasa panas. Saat panas ini, otak memberikan perintah kepada kelenjar keringat untuk mengeluarkan cairannya melalui pori-pori kulit. Tujuannya adalah untuk membuat tubuh kembali ke suhu normalnya.

  • Gangguan Pernapasan dan Pendarahan

Ketika sudah pada tahap lanjutan karena tidak segera ditangani, maka biasanya tipes bisa menyebabkan komplikasi. Ketika sudah mengalami komplikasi, maka selain ciri atau gejala yang disebutkan sebelumnya, juga akan terjadi beberapa gejala komplikasi. Diantaranya adalah gangguan pernapasan, munculnya ruam hingga terjadi pendarahan. Bakteri penyebab tipes yang tidak segera ditangani akan mengganggu kinerja organ lain seperti paru-paru yang menyebabkan sesak napas.

Itu tadi adalah beberapa gejala atau ciri tipes yang bisa Anda perhatikan dengan seksama. Ketika tubuh sudah menunjukkan gejala tersebut, alangkah lebih baik jika segera diperiksakan agar mendapat perawatan yang tepat. Dengan perawatan yang cepat dan tepat maka gejala awal yang terdeteksi bisa ditangani dan tidak menyebabkan komplikasi lebih lanjut.