Dampak dari Kadar Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini!

1 min read

kolesterol tinggi

Kolesterol diperlukan manusia untuk membuat hormon dan membangun dinding sel namun akan buruk jika kadar kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Memang kesehatan itu penting untuk dijaga. Ketika Anda sehat bukan berarti Anda bebas untuk makan apa saja dan melakukan apa saja. Di bawah bahayanya yang harus Anda ketahui.

Dampak dari Kadar Kolesterol Tinggi

  1. Stroke

Stroke atau penyumbatan otak terjadi bila pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi tersumbat atau bahkan pecah. Hal ini disebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah (membentuk plak). Bahkan jika pembuluh darah pecah bisa berakibat fatal bagi penderita. Tingginya kadar kolesterol terkadang terlihat remeh, namun bahayanya cukup besar.

  • Batu Empedu

Jika kolesterol menumpuk akan terjadi proses saturasi dan pembentukan batu di dalam kantong empedu. Batu tersebut akan menyumbat saluran cairan empedu ke usus sehingga dapat menimbulkan rasa sakit yang amat parah. Empedu sendiri berfungsi untuk membantu proses pencernaan terutama lemak.

  • Jantung

Dampak kolesterol tinggi yang satu ini dinilai paling serius karena memicu penyakit jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah. Jika kadar kolesterol tinggi, bisa menempel pada pembuluh darah bahkan menumpuk sehingga jantung kesulitan untuk memompa dan ini biasanya menyebabkan penderita merasakan nyeri dada bahkan sulit bernafas.

Salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar kolesterol yang berdampak pada jantung ialah memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tingginya kolesterol membuat jantung lebih bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh hal ini mengakibatkan naiknya tekanan darah.

  • Mudah mengantuk

Mudah mengantuk dalam hal ini bukan yang dimaksud karena Anda suka begadang. Namun dikarenakan asupan oksigen kurang pada otak yang menyebabkan mudah mengantuk hal ini disebabkan darah yang mengalir tersumbat oleh tumpukan kolesterol. Selain itu tengkuk dan pundak akan terasa berat karena aliran darah yang tidak lancar.

  • Ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia, fungsinya adalah menyaring dan membersihkan sampah dalam tubuh. Bayangkan, jika pembuluh darah yang mengalir ke ginjal ini tersumbat, maka oksigen akan minim sekali untuk sampai ke ginjal. Hal ini bisa menyebabkan ginjal kronis jika dibiarkan.

  • Penyakit pembuluh darah perifer

Penyakit ini disebabkan aliran darah ke tungkai tersumbat akibat penyempitan pembuluh darah dari jantung. Penderita bisa merasakan efek ini ketika berjalan. Mirisnya, penyakit pembuluh darah perifer terkadang tidak menimbulkan gejala akan tetapi jika dibiarkan dapat memicu kematian jaringan lebih parahnya penderita bisa diamputasi.

Kesimpulan dari dampak kolesterol tinggi adalah lemak dapat menempel pada pembuluh darah, jika dibiarkan dalam kurun waktu cukup lama bisa terjadi penyumbatan. Darah baiknya bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan lancar, jika ada salah satu organ yang kekurangan akan oksigen akibat penyumbatan maka akan memicu gangguan baik pencernaan, pernafasan atau bisa mempengaruhi kinerja otak.

Demikian dampak dari kadar kolesterol tinggi, untuk membantu menurunkan kolesterol yang tinggi Anda bisa mengkonsumsi macam-macam sayuran dan buah-buahan seperti bayam, pir, kedelai, beras merah, ikan salmon, alpukat, biji bunga matahari atau kuaci, teh hijau, jeruk, kacang almond, jambu merah, brokoli, coklat hitam, kulit manggis, stroberi, buncis dan lain-lain.