Dana Pensiun Adalah Jaminan Hari Tua, Benarkah?

1 min read

dana pensiun adalah

Dana pensiun adalah dana yang diberikan kepada seseorang setelah bekerja sekian tahun dan telah memasuki usia pensiun. Dana pensiun seringkali disebut juga sebagai jaminan hari tua. Oleh karena itu, dengan adanya dana pensiun, para pekerja menjadi lebih merasa aman. Terlebih bagi mereka yang menganggap bahwa usia pensiun adalah usia yang sudah tidak produktif lagi. Sehingga mereka tidak dapat bekerja dan menghasilkan uang.

Dana Pensiun Adalah Jaminan Hari Tua, Berikut Penjelasan dan Jenis-jenisnya.

Menurut Undang-undang nomor 11 tahun 1992, pengertian dana pensiun merupakan badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. Dalam hal ini berati yang mengelola dana pensiun adalah perusahaan yang berbadan hukum, misalnya bank ataupun asuransi jiwa.

Namun secara umum, dana pensiun adalah hak bagi orang-orang untuk memperoleh penghasilan setelah masa bekerja sekian tahun dan telah memasuki usia pensiun. Dana pensiun biasanya diberikan dalam bentuk uang. Untuk besaran jumlah uangnya tergantung dari  aturan yang telah ditetapkan perusahaan.

Bagi para karyawan manfaat dana pensiun adalah dapat memberikan rasa aman terkait kehidupan setelah masa pensiun. Sebab, di masa usia pensiun, mereka akan tetap bisa menikmati hasil yang diperoleh semasa bekerja di perusahaan ataupun tempat kerja lain. Dana pensiun juga bisa membuat para karyawan lebih giat lagi dalam bekerja.

Perlu anda ketahui bahwa dana pensiun dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini  adalah jenis-jenis dana pensiun yang dapat dipilih oleh para karyawan yang akan pensiun:

  1. Pensiun normal

Pensiun normal merupakan jenis pensiun yang diberikan kepada karyawan yang usianya telah menginjak masa pensiun. Usia maksimal untuk karyawan pensiun berbeda-beda di setiap perusahaan, sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang telah dibuat. Namun, rata-rata usia pensiun di Indonesia adalah 55 tahun hingga 60 tahun.

  • Pensiun dipercepat

Jenis pensiun yang satu ini diberikan khusus untuk kondisi atau situasi tertentu. Contohnya, jika sebuah perusahaan perlu mengurangi jumlah karyawan, maka dengan terpaksa perusahaan harus memberikan pensiun dini bagi beberapa karyawannya.

  • Pensiun ditunda

Berbanding terbaik dengan pensiun dipercepat, pensiun ditunda adalah dana pensiun yang diberikan kepada karyawan yang meminta pensiun sendiri. Namun usia mereka belum memenuhi usia pensiun. Akan tetapi dalam kondisi ini karyawan yang mengajukan pensiun dini akan mendapatkan dan pensiun saat mereka sudah mencapai usia pensiun.

  • Pensiun cacat

Dana pensiun yang diberikan bukan karena usia, akan tetapi karena karyawan mengalami kecelakaan ataupun hal-hal tertentu yang membuat mereka dianggap tidak sanggup lagi untuk melakukan pekerjaan. Biasanya, pembayaran dana pensiun jenis ini tetap dihitung berdasarkan rumus pensiun, dimana karyawan tersebut akan diakui pensiun di usia pensiun normal.

  • Dana pensiun pemberi kerja

Jenis dana pensiun ini dibentuk dan dikelola oleh perusahaan yang memberi pekerjaan. Biasanya perusahaan tersebut memberikan program pensiun untuk seluruh karyawannya.

  • Dana pensiun lembaga keuangan

Dana pensiun ini didirikan oleh bank ataupun perusahaan asuransi jiwa untuk masyarakat umum. Hal tersebut berlaku untuk karyawan ataupun pekerja mandiri. Itulah beberapa penjelasan mengenai dana pensiun dan juga beberapa jenisnya. dana pensiun adalah dana yang sangat berarti bagi sebagian orang yang sangat mengandalkan dana tersebut saat sudah tidak sanggup lagi bekerja. Dengan adanya dana tersebut, orang-orang akan merasa lebih aman dan memiliki harapan untuk hidup layak meski sudah tidak bisa bekerja.