Gejala Kanker Payudara Yang Wajib Anda Ketahui!

1 min read

kanker payudara

Kanker payudara terjadi akibat sel kanker yang membelah dengan cepat dan kemudian menyebar hingga ke jaringan sekitarnya. Sel kanker yang tidak bisa dikontrol ini dapat membentuk tumor ganas pada payudara. Sebagian besar dialami oleh pasien wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada pria. Jenis penyakit ini dapat muncul dengan beberapa gejala seperti berikut.  

Mengenali Gejala Kanker Payudara

  • Munculnya benjolan pada payudara

Gejala yang paling umum terjadi pada awal munculnya kanker payudara adalah adanya benjolan di bagian payudara. Benjolan yang menjadi gejala kanker perlu diwaspadai karena tidak terasa sakit atau nyeri. Hal tersebut yang menjadi alasan pentingnya untuk mendeteksi dini dengan memeriksa payudara sendiri. Benjolan yang muncul sebagai gejala kanker tidak terasa sakit tetapi akan terus bertambah besar dari waktu ke waktu. Raba payudara sendiri dan apabila ada benjolan yang mencurigakan sebaiknya segera periksa ke dokter agar dapat ditangani lebih awal.

  • Perubahan ukuran payudara dan putting

Benjolan pada payudara akan membuat ukuran payudara terlihat lebih besar. Apabila sel kanker yang tumbuh adalah berada di dekat putting susu akan terjadi retraksi atau bagian putting yang terlihat masuk ke dalam. Bagian putting susu juga bisa menjadi terasa sulit digerakkan.  Deteksi dini menjadi langkah penting agar penanganan kanker payudara bisa lebih cepat dilakukan. Caranya adalah dengan pemeriksaan fisik yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, pemindaian payudara dengan cara mammografi juga bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker.

  • Putting payudara mengeluarkan cairan

Benjolan yang menjadi awal kanker mungkin tidak disadari karena menyebabkan nyeri atau rasa sakit. Namun pada kondisi yang sudah lebih parah, benjolan kanker atau tumor akan terasa sakit. Gejala penyakit kanker payudara tidak hanya menyebabkan perubahan fisik pada payudara. Penyakit ini juga bisa memiliki gejala seperti putting yang memerah atau lecet secara tiba-tiba dan sulit diobati. Gejala lainnya yang bisa mengarah pada kanker adalah keluarnya cairan berwarna dari putting. Cairan tersebut bukan ASI yang berwarna putih.

  • Perubahan warna kulit payudara

Gejala kanker payudara berupa benjolan seringkali tidak terlalu dicurigai. Namun pada kondisi payudara yang memerah atau seperti iritasi biasanya sudah mulai diwaspadai. Penyakit kanker yang sudah dalam tahap serius ini menyebabkan perubahan pada tekstur kulit payudara termasuk warna kulitnya. Warna kulit payudara yang perlu diwaspadai sebagai gejala kanker adalah warna orange yang mirip seperti warna kulit jeruk. Pemeriksaan medis sangat diperlukan untuk mengatasi gejalanya dan mengobati kanker sebelum bertambah parah.

  • Munculnya benjolan di sekitar ketiak

Sel kanker dapat menyebar ke jaringan di sekitar payudara termasuk yang ada di sekitar ketiak. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya benjolan dan rasa sakit di bagian ketiak. Pemijatan untuk terapi kanker tidak boleh dilakukan pada kondisi ini karena dikhawatirkan dapat menyebabkan penyebaran yang lebih cepat. Salah satu cara mengobati gejala kanker ini adalah dengan melakukan terapi radiasi. Cara ini menjadi alternatif pengobatan untuk kanker yang menyebar melalui jaringan kelenjar getah bening, khususnya yang berada di bawah ketiak. Itulah beberapa gejala kanker payudara yang perlu diwaspadai. Masyarakat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mandiri untuk mencegah kanker. Apabila ada yang mencurigakan, pemeriksaan medis bisa menjadi langkah yang tepat. Sedangkan untuk gejala kanker yang sudah parah, biasanya akan diatasi dengan pengobatan atau pembedahan untuk mengatasi kanker.