Kenali Gejala Asam Urat yang Terjadi pada Tangan dan Kaki

1 min read

gejala asam urat

Gejala asam urat adalah hal penting yang harus dikenali sejak dini karena bisa menyerang siapapun. Biasanya penderita akan mengalami gejala seperti rasa nyeri yang berlebihan pada sendi, terjadi bengkak, dan sendi terasa panas. Perlu Anda ketahui bahwa semua persendian di dalam tubuh dapat terserang asam urat, namun resiko terbesarnya ada di tangan dan kaki. Pada umumnya asam urat banyak menyerang kaum pria terlebih mereka yang berusia 30 tahun. Namun untuk wanita asam urat rentan menyerang orang yang telah mengalami menopause.

Gejala Asam Urat dan Faktor Penyebabnya

Asam urat merupakan penyakit yang dominan menyerang daerah persendian. Rasa nyeri yang berlebihan pada sendi dapat mengganggu aktifitas seseorang yang terserang asam urat. Secara umum penyebab utama  asam urat adalah faktor keturunan, pernah mengalami cedera, sering mengkonsumsi alkohol dan makanan tidak sehat. Adapun beberapa gejala asam urat pada tangan dan kaki :

  • Rasa nyeri pada sendi

Gejala asam urat pertama yang biasa dirasakan oleh penderita adalah rasa nyeri berlebihan pada jempol kaki. Hal ini disebabkan karena terjadinya penumpukan kristal pada sendi dan akan berpengaruh pada satu sendi saja di satu waktu, meskipun berpotensi menyebar ke sendi lain pada periode berikutnya. Pada 36 jam pertama rasa sakit yang dirasakan sangat menyakitkan dan akan berangsur sembuh sekitar 10 hari.

  • Terjadinya pembengkakan

Pembengkakan ini merupakan gejala dari asam urat yang terjadi karena peradangan pada sendi. Kondisi seperti ini adalah tanda banyaknya sel darah putih yang telah masuk ke sendi. Hal ini bisa jadi tanda secara umum yang dapat dikenali jika Anda terkena asam urat.

  • Muncul warna kemerahan

Sendi yang memiliki masalah tidak hanya akan terasa nyeri, terjadi pembengkakan, namun juga akan berwarna merah. Ketika normal, pembuangan asam urat melalui urin. Tetapi saat tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat ginjal tidak bisa memprosesnya dengan normal. Sehingga terbentuklah kristal-kristal pada sendi dan berakibat radang sendi. Hal itulah yang akan menyebabkan kulit menjadi berwarna kemerahan.

  • Rasa panas pada sendi

Gejala asam urat selanjutnya adalah muncul rasa panas pada sendi. Ketika pembengkakan itu terjadi akan ada cairan yang berkumpul di daerah sendi sehingga terasa hangat saat disentuh.

  • Pengelupasan pada kulit

Ketika seseorang terkena asam urat kulit akan menjadi kering dan kemudian mengelupas. Hal itu disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada sendi dapat merusak kulit. Pengelupasan itu dapat terjadi selama beberapa hari sampai asam urat benar-benar sembuh.

  • Pergerakan sendi tidak normal

Serangan asam urat yang terjadi pada tangan atau kaki dapat menyebabkan pergerakan menjadi sulit dan terbatas. Karena rasa sakit yang dirasakan penderita dapat mempengaruhi pergerakan menjadi tidak normal. Dan munculnya kristal pada sendi akan membuat persendian kaku untuk bergerak.

  • Rasa tidak nyaman

Jika rasa sakit yang dirasakan penderita hanya akan terjadi selama 3 hari saja. Untuk rasa tidak nyaman pada sendi akan terjadi lebih lama lagi tergantung dengan seberapa parah asam urat yang diderita. Itulah beberapa gejala asam urat yang bisa menjadi informasi untuk mengetahui apakah Anda terserang atau tidak. Apabila Anda merasakan gejala di atas alangkah baiknya jika Anda langsung memeriksakannya ke dokter. Agar Anda bisa mengetahui apakah asam urat yang Anda derita membahayakan bagi tubuh Anda atau tidak.