Kesalahan dalam Tabungan Pensiun yang Harus Dihindari

1 min read

tabungan pensiun

Tabungan pensiun merupakan sejumlah simpanan yang yang dipersiapkan untuk masa pensiun. Tabungan ini dimulai dari jauh hari bahkan puluhan tahun sebelum usia pensiun datang. Pada akhirnya dana ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada hari tua. Selain itu dana ini juga sering dipakai untuk investasi dan bisnis. Banyak sekali anak muda kurang memperhatikan tentang tabungan ini. Mereka lebih cenderung menghabiskan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari tanpa memikirkan simpanan. Ini pastinya akan berdampak buruk untuk masa depan.

Beberapa Kesalahan dalam Tabungan Pensiun

Setiap orang pasti akan mengalami masa pensiun entah itu karena usia maupun kondisi tertentu seperti dipecat oleh perusahaan. Diperlukan persiapan yang matang untuk menghadapinya sebelum semuanya terlambat. Banyak juga orang yang belum mengetahui tentang tata cara menabung yang baik. Karena biasanya seseorang akan merasa cukup dengan penghasilan yang ia dapat kemudian menabung dengan cara tidak teratur. Padahal konsistensi sangat diperlukan dalam menabung agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak kesalahan lain yang wajib hindari selama menyimpan uang untuk tabungan pensiun.

  1. Menggantungkan pada Satu Sumber Pendapatan

Kesalahan ini sering terjadi pada karyawan di perusahaan. Biasanya setelah lelah seharian bekerja, mereka tidak ada waktu untuk melakukan hal lain yang menghasilkan seperti buka usaha kecil-kecilan. Ini akan menjadi masalah ketika karyawan tersebut di PHK oleh perusahaan. Sebaiknya Anda memiliki sumber penghasilan lebih dari satu agar proses menabung bisa lebih lancar.

  • Menyiapkan dana tabungan yang terlalu sedikit

Biasanya rata-rata usia pensiun di Indonesia adalah 55 sampai 60 tahun. Sedangkan usia harapan hidupnya adalah sekitar 70 tahun. Yang menjadi masalah adalah ketika Anda hanya menyiapkan dana tabungan pensiun hanya untuk 10 tahun. Anda tidak akan tahu usia Anda bisa mencapai umur berapa. Jadi sebaiknya persiapkan dana sekitar 30 tahun agar lebih aman. Dan juga bila dana pensiun Anda berlebih, uang tersebut bisa diwariskan ke anak cucu Anda. Lebih baik dana berlebih daripada kekurangan.

  • Menunda Menabung demi kebutuhan anak

Setiap orang tua tentunya ingin semua kebutuhan anaknya tercukupi. Itu adalah hal yang lumrah karena anak adalah prioritas utama bagi orang tuanya. Bahkan banyak juga orang tua yang rela menunda dana untuk hari tuanya untuk kebutuhan anak. Namun kebiasaan tersebut seharusnya dihindari karena bisa mengurangi tabungan Anda di masa depan. Sebagai solusinya Anda bisa mulai dengan mencari sumber penghasilan lain di luar pekerjaan utama.

  • Tidak berinvestasi

Jika Anda adalah seorang karyawan dengan gaji yang pas-pasan, kemungkinan dana pensiun Anda tidak akan mencukupi kebutuhan di masa yang akan datang. Anda bisa memutuskan untuk berinvestasi dengan tabungan yang Anda miliki. Ini adalah salah satu  cara mempersiapkan tabungan dana pensiun yang sangat direkomendasikan. Mengapa? Karena berinvestasi, dana Anda di kemudian hari kemungkinan besar akan meningkat.

  • Tidak Menggunakan Asuransi Kesehatan

Tidak ada salahnya Anda mendaftar di asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga. Karena jika sewaktu-waktu Anda sakit atau mengalami kecelakaan, Anda akan mendapatkan keringanan tanpa mengurangi tabungan pensiun Anda. Selain itu biasanya asuransi kesehatan menawarkan kebijakan untuk mengembalikan uang iuran ketika masa asuransi tersebut sudah habis. Kemudian juga asuransi kesehatan akan membuat Anda merasa tenang. Itulah penjelasan beberapa kesalahan dalam melakukan simpanan di tabungan pensiun Anda. Beberapa kesalahan tersebut bisa Anda hindari agar tabungan Anda bisa lebih maksimal. Penting sekali mempersiapkan tabungan untuk masa depan karena Anda tidak akan lagi menyusahkan anak dengan beban kebutuhan Anda kelak. Sebaiknya Anda menabung mulai dari sekarang.