Tips Menyiapkan Dana Pensiun untuk Hari Tua

1 min read

dana pensiun

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya dana pensiun di hari tua. Beberapa orang bahkan tidak mempersiapkan dana ini sebaik mungkin. Alhasil mereka malah menggantungkan diri pada penghasilan anaknya kelak bahkan yang paling parah malah menunggu warisan. Padahal penting sekali untuk Anda memperhitungkan kebutuhan  hidup jangka panjang di masa depan. Sudah tentu masa produktif dalam bekerja suatu saat nanti akan berakhir. Persiapan sedini mungkin sangat baik dilakukan agar kelak tidak ada kesulitan secara finansial.

Dana Pensiun dan Tips untuk Mempersiapkannya

Dana pensiun dapat diperoleh melalui badan hukum yang khusus mengelola keuangan agar dana tersebut bisa diterima secara berkala oleh karyawan yang telah memasuki usia pensiun. Sudah jelas bahwa badan hukum ini dapat membantu mempermudah karyawan dalam proses pembayarannya. Dana ini merupakan hak bagi para pekerja yang mau memotong sebagian gaji bulanan agar kelak bisa diambil kembali. Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini agar semuanya terasa lebih mudah.

  1. Jangan Menunda-nunda

Meskipun saat ini Anda masih muda, namun persiapan bekal untuk masa depan tak boleh diremehkan. Justru gunakan masa produktif seperti sekarang ini untuk menyiapkan kebutuhan finansial di masa yang akan datang. Anda bisa mulai memikirkan dana pensiun dari sekarang agar kelak tidak kelabakan. Perencanaan keuangan jangka panjang sangat penting dilakukan bagi Anda karyawan muda agar nantinya tidak menyesal.

  • Mengikuti program pensiun dari bank atau Lembaga sejenis

Sekarang ini program pensiun sudah banyak diberlakukan oleh bank. Biasanya pihak bank menggunakan sistem autodebet yang secara otomatis memotong tabungan Anda tiap bulan untuk kebutuhan pensiun. Sistem ini sangat cocok bagi Anda yang kurang konsisten dalam menabung karena ada paksaan dalam potongan deposito. Dengan sistem ini Anda juga akan belajar bahwa menabung yang benar harus lebih mendahulukan simpanan daripada kebutuhan hidup harian.

  • Investasikan dana

Tidak ada salahnya untuk menginvestasikan harta Anda sebelum memasuki usia pensiun. Mengapa? Karena dengan investasi nilai aset Anda akan semakin meningkat. Maka keuntungan Anda juga akan semakin banyak. Namun Anda jangan tergiur dengan jenis investasi yang menawarkan keuntungan tinggi dalam waktu yang singkat. Sebaiknya Anda memilih jenis investasi jangka Panjang dengan keuntungan yang stabil seperti properti dan emas.

  • Meningkatkan jumlah dana

Jika Anda adalah karyawan tetap di sebuah perusahaan, bukan hal yang mustahil jika Anda akan naik jabatan serta gaji. Seiring dengan naiknya gaji maka Anda juga harus mulai memikirkan peningkatan jumlah tabungan untuk jaga-jaga nanti jika sudah keluar dari pekerjaan tersebut. Begitu Pentingnya dana pensiun bagi seorang karyawan sehingga sayang untuk dilewatkan.

  • Pengelompokan dana

Anda harus tetap fokus dalam mempersiapkan dana pensiun. Dana ini tidak boleh dicampur dengan dengan dana-dana yang lain. Harus ada pengelompokan jelas dalam sistem pengeluaran keuangan Anda. Sebaiknya Anda menaruh uang pensiun di rekening yang berbeda agar tidak tergiur untuk menggunakannya meskipun sudah terkumpul banyak. Ini agar melatih Anda tetap disiplin dan terstruktur dalam menabung.

Itulah beberapa tips dalam mempersiapkan dana pensiun Anda. Memang untuk memperoleh dana yang maksimal dibutuhkan konsistensi dan keseriusan. Namun untuk mencapai bebas finansial di hari tua, di butuhkan persiapan yang matang. Jangan enggan untuk mulai memikirkan uang pensiun meskipun Anda sekarang masih muda. Suatu saat nanti pasti Anda akan memetik hasil yang sudah Anda tanam.